X hits on this document

113 views

0 shares

0 downloads

0 comments

18 / 29

AUDIT & IT GOVERNANCE:

Cakupan Audit TI cukup luas, karena tidak terbatas pada aspek teknologinya saja, melainkan dapat mencakup aspek orang dan proses sistem informasi berbasis komputer. Begitu juga manfaatnya, antara lain kepastian (assurance) bagi manajemen bahwa suatu sistem (misalnya, Banking Applications, system ERP, e-Government, Network Communication, dll) akan dapat memenuhi harapan manajemen.        

Pemahaman akan konsep IT Governance akan sangat membantu auditorTI dalam memberikan penekanan pemeriksaan pada aspek-aspek sebagai berikut:

1.

Perencanaan dan manajemen proyek-proyek TI dan kaitannya dengan sasaran bisnis.

2.

Manajemen risiko guna menghindari kesalahan fatal atas operasional TI.

3.

Pemanfaatan sumber daya TI yang optimal dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, seorang auditor TI dapat menjadi advisor yang "menyenangkan" bagi auditee (pihak yang diperiksa) karena kemampuannya memberikan practical value-added recommendation yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Peran Auditor Internal :

Audit Internal adalah kegiatan assurance dan konsultasi yang independen dan obyektif, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan operasi organisasi. Audit internal membantu organisasi untuk mencapai tujuannya, melalui suatu pendekatan yang sistematis dan teratur untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengelolaan risiko, pengendalian, dan proses governance.

Sebagai suatu profesi, ciri utama auditor internal adalah kesediaan menerima tanggung jawab terhadap kepentingan pihak-pihak yang dilayani. Agar dapat mengemban tanggung jawab ini secara efektif, auditor internal perlu

Document info
Document views113
Page views113
Page last viewedMon Jan 16 22:25:36 UTC 2017
Pages29
Paragraphs196
Words6256

Comments