X hits on this document

108 views

0 shares

0 downloads

0 comments

2 / 29

Pada mulanya, Internet diciptakan sebagai jaringan data paket yang tangguh menghadapi hambatan fisik. Skalabilitas Internet mengakibatkan jaringan ini murah dan layak digelar baik dalam skala kecil maupun skala besar. Berbagai aplikasi pun digelar di atas Internet: transfer file, e-mail, web, instant messaging, hingga aplikasi real time seperti telefon, video-on-demand, dan konferensi video. Dengan Internet, aplikasi-aplikasi itu dapat diinstal lebih murah daripada sebelumnya.

Telefoni Internet, atau diistilahkan dengan VoIP, adalah salah satu aplikasi paling krusial di Internet, karena telefon adalah komunikasi non paket dengan trafik terbesar yang bermigrasi ke Internet. Ada berbagai konfigurasi VoIP yang dimungkinkan. Gambar berikut menggambarkan salah satu alternatif implementasi VoIP.

Terminal VoIP   dapat berupa komputer dengan kemampuan multimedia, atau komputer yang dihubungkan dengan pesawat telepon, atau pesawat telepon dengan kemampuan VoIP. Gatekeeper GK berfungsi sebagai administrator yang mengatur hubungan telefoni dalam network. MCU (multipoint control unit) digunakan untuk pengendalian konferensi tiga terminal atau lebih. Gateway GW menyambungkan jaringan LAN dengan jaringan telefon, seperti dengan PBX untuk berkomunikasi dengan telepon di luar jaringan IP. WAN dapat menghubungkan LAN-LAN ini, membentuk jaringan VoIP dengan skala lebih luas.

Protokol yang sering digunakan untuk VoIP adalah H.323, yang didefinisikan oleh ITU-T. H.323 merupakan suite yang mengkoordinasikan berbagai protokol, baik yang didefinisikan oleh ITU-T maupun oleh IETF. Sesuai dengan sifatnya yang real-time tetapi tidak mengharuskan ketepatan data, suara dan gambar yang dipaketkan dalam RTP cukup dikirimkan sebagai paket UDP over IP.    Bagian ini selanjutnya disebut sebagai bagian “Media”. Di lain pihak, persinyalan H.245 dan Q.931 harus diperlakukan sebagai data yang tidak

Document info
Document views108
Page views108
Page last viewedSat Dec 10 21:32:14 UTC 2016
Pages29
Paragraphs196
Words6256

Comments