X hits on this document

86 views

0 shares

0 downloads

0 comments

23 / 29

Peranan standardisasi dalam perekonomian nasional juga mengalami perkembangan yang signifikan. Sebagai contoh diberlakukannya Undang Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang secara spesifik mengamanatkan bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang/jasa yang tidak memenuhi standar yang dipersyaratkan; terbitnya PP 102 tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional meningkatnya peran aktif Indonesia dalam kegiatan-kegiatan standardisasi regional dan internasional seperti ISO, IEC, CAC, ILAC, APLAC, dan sebagainya.

Tantangan bangsa Indonesia di masa yang akan datang adalah globalisasi yang menuntut persaingan yang sangat ketat. Untuk itu, bangsa Indonesia perlu memperkuat fondasi ekonomi dari berfokus pada keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif. Dua faktor yang mendukung hal tersebut adalah peningkatan efisiensi dan produktivitas. Sebagai pendorong peningkatan efisiensi dan produktivitas, diperlukan adanya suatu infrastruktur standar dan penilaian kesesuaian pengukuran standar yang dapat dikembangkan untuk mendukung pembangunan nasional dalam menghadapi era globalisasi yang dicirikan dengan persaingan yang tajam.

     Standardisasi sebagai suatu unsur penunjang pembangunan ICT, mempunyai peranan penting dalam upaya mengoptimalkan pendayagunaan sumberdaya dibidang ICT dan seluruh kegiatan pembangunan telematika. Perangkat-perangkat standardisasi juga berperan untuk menunjang kemampuan produksi dan produktivitas serta nilai tambah hasil aptel, khususnya dalam perdagangan baik domestik maupun internasional, serta pengembangan industri  telematika serta perlindungan bagi konsumen. Oleh karena itu, peningkatan program dan kegiatan standardisasi aptel selaras dengan kebijaksanan pembangunan telematika yang berorientasi teknologi komputer sebagai bagian yang terintegrasi dengan pembangunan ekonomi nasional.

Document info
Document views86
Page views86
Page last viewedSat Dec 03 16:30:27 UTC 2016
Pages29
Paragraphs196
Words6256

Comments