X hits on this document

100 views

0 shares

0 downloads

0 comments

5 / 29

Di kemudian hari semoga semakin banyak materi pelajaran yang tersedia di Internet sehingga banyak mahasiswa Indonesia yang di daerah dapat mengikuti kuliah tanpa perlu harus pergi jauh dari rumahnya.

Harga Bandwidth yang masih mahal

Sayangnya harga bandwidth di Indonesia masih termasuk mahal. Sebagai perbandingan, untuk uang yang dapat dipakai membeli bandwidth 45 MBs di Indonesia akan dapat membeli bandwidth sebesar 150 MBs di Vietnam dan bahkan 1 GBs di Cina! Ini sebuah pukulan telak kepada Indonesia. Mudah-mudahan dengan semakin banyak penyedia layanan NAP maupun pengelola NGN di Indonesia, semakin murah pula harga bandwidth di Indonesia sehingga makin banyak inovasi aplikasi dan bisnis.

Inovasi Layanan NAP (Network Application Protocol)

Kerjasama antara penyedia layanan NAP dan penyedia isi (content) yang bersifat multimedia mungkin merupakan salah satu inovasi yang harus dicoba. Keberadaan “jalan raya” akan terasa manfaatnya jika terdapat layanan “seputar jalan raya” tersebut, seperti mall, toko, pasar, SPBU, restoran, dan layanan lainnya. Dengan menggunakan analogi yang sama, keberadaan bandwidth yang lebar (melalui layanan NAP) tidak akan terasa manfaatnya tanpa ada aplikasi yang menggunakannya. Untuk itu perlu dicari “killer application” yang membutuhkan bandwidth lebar ini.

Saat ini content lokal Indonesia masih sangat sedikit. Belum ada situs web yang menyediakan isi untuk anak-anak SMA, SMP, dan SD. Seperti dicontohkan sebelumnya, belum ada kuliah di Indonesia yang menyediakan content-nya dalam bentuk video yang dapat diakses oleh orang banyak. Ketiadaan ini tentunya bisa menjadi peluang.  

II.

MAKNA REGULASI :

Document info
Document views100
Page views100
Page last viewedThu Dec 08 22:13:54 UTC 2016
Pages29
Paragraphs196
Words6256

Comments